Kamis, 26 September 2019

Jaringan Komputer dan Beberapa Jenis Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua ataupun lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Tidak sedikit jaringan komputer yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer, mungkin ada beberapa yang belum pernah Anda ketahui 😊 :


  • LAN (Local Area Network)

LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek, biasanya dipakai di gedung-gedung perkantoran, sekolah, dan warung internet. Selain beroperasi dalam ruang terbatas, LAN juga biasanya dikelola oleh satu orang atau organisasi. Jaringan LAN menggunaan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000MB/s.
Ada beberapa alat untuk membangun sebuah jaringan LAN, yaitu :

  1. Router
  2. Switch
  3. Ethernet Card
  4. Kabel UTP / STP
  5. Modem

  • WAN (Wide Area Network)
WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitias transmisi seperti telepon, kabel bawah laut, ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34Mbps, 45Mbps, 155Mbps, sampai 625Mbps. Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performancenya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya. 
Perangkat utama dalam jaringan WAN :

  1. Router
  2. CSU (Channel Service Unit) / DSU (Data Service Unit
  3. Modem
  4. Communication Server
Fungsi jaringan WAN :

  1. Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu
  2. Mempermudah dan mempercepata arus informasi dan komunikasi
  3.  Meningkatkan efisiensi perpindahan arus informasi
  4. Menghemat biaya operasional
  5. Mencegah terjadinya miskomunikasi
  6. Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional

  • MAN (Metropolitan Area Network)
Jenis jaringan komputer yang jaungkauannya lebih luas serta lebih canggih dibandingkan dengan jaringan komputer LAN. Digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang ada dari satu kota ke kota lainnya.
Fungsi dari jaringan MAN sendiri adalah membangun serta mengimplementasi sistem jaringan yang mengkombinasikan antara server dengan tujuan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan yang di dalam mengkomunikasikan sebuah jaringan yang digunakan sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan semisal chat, messenger, dan lainnya dengan menggunakan bandwith lokal.

  •  PAN (Personal Area Network)
Jaringan ini adalah jaringan komputer yang digunakan komunikasi antara komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti handphone, speaker, komputer dan perangkat lain. Jangkauan jaringan komputer ini relatif sangat dekat sehingga tidak bisa mengjangkau jarak yang jauh.
Jaringan PAN digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi seperti (handphone, headset, smartphone, laptop, dll) sehinga bisa terbentuk komunikasi. Contoh yang biasa diterapkan jaringan PAN adalah jaringan ad hoc untuk komunikasi laptop dengan laptop, komunikasi laptop dengan handphone menggunakan bluetooth, dan lain-lain.

  •  CAN (Cluster Area Network)
Cluster Area Network adalah jaringan yang terbentuk dari beberapa jaringan LAN namun tidak cukup besar untuk disebut MAN. Maka lahirlah Cluster Area Network contohnya adalah jaringan dalam kampus atau perumahan.

  • Pengertian DAN (Desk Area Network)
Jaringan ini adalah workstation multimedia berbasis di sekitar interkoneksi ATM. Semua komunikasi antara peripheral dan bahkan antara CPU dan memori utama ini dicapai dengan mengirimkan sel ATM melalui switch fabric. Sebuah prototipe berdasarkan switch fabric Fairisle telah dibangun dan digunakan untuk menyelediki arsitektur.

Dan masih banyak lagi macam macam jaringan komputer yang masih bisa kita temui.
Cukup sekian info dari saya, terima kasih telah membacanya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI PROTOKOL ICMP, POP3, SMTP, FTP, ARP dan KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN DARI IPV4 & IPV6

A.     Internet Control Message Protocol (ICMP) ICMP   adalah  protokol jaringan   internet yang berfungsi untuk memberikan kiriman pes...